Konfigurasi Awal Framework Codeigniter - InfoPedia

Konfigurasi Awal Framework Codeigniter

Konfigurasi Awal Framework Codeigniter - Hallo sahabat InfoPedia, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Konfigurasi Awal Framework Codeigniter, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Codeigniter, Artikel Pemrograman, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Konfigurasi Awal Framework Codeigniter
link : Konfigurasi Awal Framework Codeigniter

Baca juga


Konfigurasi Awal Framework Codeigniter

Codeigniter merupakan salah satu framework PHP. Dengan menggunakan framework codegniter kita dapat langsung menghasilkan program dengan cepat, hanya dengan mengikuti kerangka kerja yang sudah ada pada codeigniter. Sehingga kita tidak perlu membuat program dari awal lagi.

Sebelumnya saya sudah membahas tentang Belajar Framework Codeigniter Untuk Pemula, melanjutkan artikel sebelumnya, sekarang saya akan membahas bagaimana konfigurasi awal framework codeigniter.






Cara Konfigurasi Awal Framework Codeigniter

  1. Sebelum melakukan konfigurasi pertama kita harus mendownload paket framework codeigniter dari situsnya disini.
  2. Setelah selesai mendownload, silahkan di extract file nya dan ganti namanya sesuai keinginan kalian. Kalau disini saya ganti filenya dengan nama “belajar”.
  3. Silahkan pindahkan file tersebut dengan cara copy filenya dan paste di htdoc, disini saya menganggap kalian sudah menginstal Xampp ya.
  4. Setelah itu, silahkan melakukan pengaturan beberapa file yang harus diedit. Berikut akan saya jelaskan beberapa pengaturan dasar yang harus dilakukan untuk mengembangkan program menggunakan framework codeigniter.
      Config.php

Untuk menemukan file ini, silahkan kalian buka file codeigniter yang sudah diganti namanya menjadi “belajar” yang telah dipindahkan di htdoc, lalu buka “application” , pilih “config” dan buka file “config.php”. Pada file ini kalian cukup melakukan pengaturan pada sintax

                                                           
Sintax tersebut boleh kita kosongkan atau bisa dengan mengisi alamat dari instalasi codeigniter kita. Misalnya “localhost/belajar”.


         Routes.php
Untuk menemukan file ini, silahkan kalian buka file codeigniter yang sudah diganti namanya menjadi “belajar” yang telah dipindahkan di htdoc, lalu buka “application” , pilih “config” dan buka file “routes.php”. Pada file ini kalian cukup melakukan pengaturan pada sintax





Pada sintax ini, kita harus mengisi dengan controler utama yang akan digunakan untuk menampilkan tampilan utama website.

        Database.php
Untuk menemukan file ini, silahkan kalian buka file codeigniter yang sudah diganti namanya menjadi “belajar” yang telah dipindahkan di htdoc, lalu buka “application” , pilih “config” dan buka file “database.php”. Pada file ini kalian akan melakukan pengaturan database yang akan kalian gunakan pada sintax




 Sebelum melakukan konfigurasi database kalian harus membuat database terlebih dahulu ya.

            Autoload.php
Untuk menemukan file ini, silahkan kalian buka file codeigniter yang sudah diganti namanya menjadi “belajar” yang telah dipindahkan di htdoc, lalu buka “application” , pilih “config” dan buka file “autoload.php”. Pada file ini kalian cukup melakukan pengaturan pada sintax




Sintax diatas digunakan untuk memanggil library-library yang kita perlukan dalam mengembangkan program berbasis framework codeigniter, sehingga kita tidak perlu lagi melakukan load library berulang-ulang.

Selamat Mencoba.
5.     





Demikianlah Artikel Konfigurasi Awal Framework Codeigniter

Sekianlah artikel Konfigurasi Awal Framework Codeigniter kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Konfigurasi Awal Framework Codeigniter dengan alamat link https://infoopediiaa.blogspot.com/2016/08/konfigurasi-awal-framework-codeigniter.html
Konfigurasi Awal Framework Codeigniter Konfigurasi Awal Framework Codeigniter Reviewed by Mas Rendi on Agustus 25, 2016 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.