Belajar Framework Codeigniter Untuk Pemula - InfoPedia

Belajar Framework Codeigniter Untuk Pemula

Belajar Framework Codeigniter Untuk Pemula - Hallo sahabat InfoPedia, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Belajar Framework Codeigniter Untuk Pemula, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Codeigniter, Artikel Framework, Artikel Pemrograman, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Belajar Framework Codeigniter Untuk Pemula
link : Belajar Framework Codeigniter Untuk Pemula

Baca juga


Belajar Framework Codeigniter Untuk Pemula

Sebagian besar programmer pasti sudah tidak asing dengan framework yang satu ini. Framework codeigniter ini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar dan dapat memudahkan programmer khususnya pemula dalam membangun dan mengembangkan sebuah website dengan fitur yang lengkap.

Mengapa demikian?

Konsep pemrograman codeigniter menggunakan konsep MVC . MVC kepanjangan dari konsep model, view, controler.


Apa keuntungan menggunakan konsep MVC?

Dengan menggunakan konsep MVC, anda akan dimudahkahkan dengan struktur kode yang lebih terstruktur dan memiliki standar yang jelas. Apa sih yang dimaksud terstruktur dan memiliki standar yang jelas ? pasti masih bingung ya? Awalnya saya juga bingung mempelajari konsep ini, tetapi setelah dicoba banyak sekali kemudahan yang saya dapat dengan menggunakan konsep ini.

Mari pertama kita pelajari tentang konsep MVC (Model, View, Controler).

Model
Model berhubungan dengan database seperti tugas CRUD (create, read, update, delete). Model ini menangani validasi atau proses dari bagian controler, tapi tidak berhubungan langsung dengan view. Jadi query-query hanya ada di model saja ya.

View
View ini merupakan tampilan yang menerima dan menampilkan data dari user yang berisi kode-kode HTML, CSS, Javascript yang digunakan sebagai tampilan web. Jadi bagi anda yang suka desain template cukup mainnya di view saja ya.

Controler
Nah, kalau controler ini bertugas untuk menerima request dari user kemudian menentukan apa yang akan diproses oleh aplikasi. Jadi controler ini menghubungkan antara model dan view. Misalkan anda akan membuat proses input data barang. Pertama anda akan melihat view, dimana pada view terlihat form untuk memasukkan data barang, setelah anda melangkapi form tersebut dan mengklik tombol simpan, maka view akan memanggil controler dan controler akan menerima data dari view, kemudian controler akan memanggil model dan model akan melakukan proses pengecekan yang berhubungan dengan database untuk mengetahui apakah data yang diterima oleh controler sesuai dengan database yang terhubung dengan sistem.



Sederhana kan? Tentu sederhana karena seorang programmer tidak lagi direpotkan dengan sistem keamanan yang ribet dan url yang begitu banyak. Cukup dengan membuat controler dan fungsi saja dapat menghasilkan url. Jadi bagi pemula sangat cocok belajar menggunakan framework ini.


Nah, itulah yang perlu dipahami dulu bagi pemula. Untuk tutorial penggunaan codeigniter, nanti akan saya jelaskan di artikel berikutnya yah. Semoga bermanfaat :)




Demikianlah Artikel Belajar Framework Codeigniter Untuk Pemula

Sekianlah artikel Belajar Framework Codeigniter Untuk Pemula kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Belajar Framework Codeigniter Untuk Pemula dengan alamat link https://infoopediiaa.blogspot.com/2016/08/belajar-framework-codeigniter-untuk.html
Belajar Framework Codeigniter Untuk Pemula Belajar Framework Codeigniter Untuk Pemula Reviewed by Mas Rendi on Agustus 12, 2016 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.